by

Apa Saja Perbedaan Antara Pelapisan Epoxy Lantai dengan Cat Lantai Standar?

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa lantai garasi pelapis epoxy tidak seperti cat lantai biasa.

Jadi sebenarnya apa itu pelapis lantai epoxy? Lapisan lantai epoxy biasanya terdiri dari dua bagian padatan, berbasis pelarut atau berbasis air. Terdiri dari bagian Resin dan bagian Hardener, seperti lem epoxy. Cat lantai garasi biasa adalah satu bagian berbasis minyak atau berbasis air. Cat lantai epoxy berkualitas tinggi bukanlah satu bagian, berbasis minyak atau berbasis air dan semua epoxy tidak sama.

Jika Anda seperti kebanyakan orang yang kemungkinan besar tidak pernah berurusan dengan cat epoxy sebelumnya dan menganggapnya hanya kategori cat lain seperti semi-gloss atau enamel. Menempatkan lantai epoxy dalam kategori yang sama dengan cat lantai garasi konvensional seperti mengatakan Volkswagen Beetle sama dengan Ferrari karena keduanya adalah mobil. Lapisan lantai epoxy biasanya merupakan pelapis dua bagian yang Anda gabungkan bersama daripada satu komponen.

Lapisan lantai epoxy akan melekat pada lantai garasi Anda atau lantai beton apa pun dengan cara yang lebih baik daripada cat minyak berbasis konvensional apa pun, cat air atau enamel, pikirkan adhesi jenis lem epoxy vs adhesi lakban. Lantai Anda akan memiliki tampilan yang jauh lebih dramatis dengan finishing gloss super tinggi yang tidak dapat dicocokkan dengan cat konvensional, juga akan tahan air, jamur & lumut. Lapisan lantai epoxy yang baik ketika disembuhkan hanya tentang pewarnaan dan membersihkannya mirip dengan membersihkan panci Teflon Anda.

Apakah Ada Perbedaan Berbagai Jenis Pelapisan Epoxy Lantai?

Epoxy lantai terbaik berbasis padat; dengan 100% padatan menjadi tipe terbaik. Apa artinya? Ini berarti bahwa dengan 100% zat padat Anda mendapatkan 100% cat sehingga apa pun yang Anda masukkan adalah apa yang Anda dapatkan. Dengan epoxy yang tidak 100% padat, persentase apa pun yang lebih rendah dari 100% adalah persen dari cat yang akan menguap saat mengering. Bagian yang menguap adalah pelarut dalam kasus cat padat atau air dalam kasus cat epoksi berbasis air. Sebagai contoh, jika epoxy adalah 50% padatan itu berarti bahwa 50% dari lapisan yang Anda gunakan akan menguap saat mengering.

Semakin rendah persentase padatan, semakin rendah kualitasnya adalah aturan praktis yang baik, dengan cat berbasis air menjadi kualitas terendah. Satu-satunya pengecualian adalah Primer, Primer biasanya memiliki persentase padatan yang lebih rendah karena mereka dibuat lebih tipis untuk jenis meresap ke dalam pori-pori beton. Jadi tidak apa-apa jika primer lebih rendah dalam padatan, cobalah tidak menggunakan primer berbasis air.